Senin, 10 Februari 2014

COME WITH EXPLODING SPIRIT “sebuah kata untuk psikologi 2013”

Sebelum memulai membaca tulisan ini mari kita ucapkan “come with exploding spirit” dalam hati kita agar timbul rasa memiliki terhadap angkatan ini.



Assalamualaikum wr.wb

Teman-teman atau saya lebih memilih untuk memanggil kalian sebagai keluargaku. Kita telah melalui satu semester di psikologi UNS. Tentunya banyak hal yang telah kita alami selama kurang lebih hampir 6 bulan ini. mulai dari pertemuan pertama kali kita di twitter, facebook, grup chat seperti whatsapp dan line lalu sampai pada akhirnya berujung pada temu darat kita yang pertama kali di “Tirai Bambu” atau dulu saya menyebutnya “warung bambu” dekat jalan slamet riyadi.

Pertemuan pertama kita beinti pada pembahasan untuk menghadapi tugas OSPEK yang ada di website kalau tidak salah karena waktu itu yang mengurus semuanya Oris dan kawan-kawan sekalian. Di sore harinya kita masih membahas tentang tugas OSPEK akan tetapi kali ini kita sudah berpindah tempat ke FK UNS Kentingan. Saya masih ingat betul suasana sore itu, antara malu, capek, tetapi juga bersemangat karena saya sendiri berada diantara keluarga saya yang baru yaitu psikologi UNS 2013.

OSPEK yang begitu luar biasa selama 3 hari kita lalui bersama-sama, sampai saat ini mungkin kenangan saat kita OSPEK masih menjadi bahan pembicaraan yang tidak akan pernah lekang oleh waktu baik saat dikampus maupun nanti ketika kita sudah mempunyai keluarga. Saya masih ingat betapa konyolnya tingkah Aliyya, menghilangnya Mahen di hari ke-3 Osmaru, oh wait... ketika cowok-cowok psikologi rambutnya harus dipotong 1 cm, lalu masih banyak kenangan yang tidak dapat ditulis disini karena begitu banyaknya kejadian yang masih membekas di memori ini.

Yang jelas selama satu semester ini kita telah  melalui berbagai suka duka sebagai suatu keluarga baru. Saya harap masih akan ada lebih banyak lagi suka duka yang kita bisa alami bersama disini, di Solo, di UNS, di Fakultas Kedokteran, di Psikologi, dan terakhir tapi bukan yang terakhir saat kita berbagi suka dengan menggunakan baju Toga saat diwisuda di Auditorium UNS dan Aula “angker” Mesen.

Sekarang kita keinti dari tulisan ini, ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan kepada keluarga ku Psikologi 2013. Kita tahu bahwa kita telah mengadakan musyawarah angkatan untuk mencari nama angkatan, dan telah muncul 5 nama yang akan kita bawa ke musyawarah besar angkatan yang nanti tanggal dan tempat menyesuaikan. Semoga di awal semester 2 ini kita telah mempunyai nama angkatan agar ada rasa saling memiliki yang lebih besar antar kita.

Lalu mengenai autodebet, registrasi, KRS-an, KHS-an, dll, yang berhubungan dengan kelanjutan studi kita di semester 2 ini saya rasa sudah cukup jelas dan saudara-saudariku sudah dapat melakukannya dengan baik. Mungkin masih banyak kekurangan terutama di KHS yang menyangkut dengan IPK. Dalam waktu dekat jika mendapat dukungan yang baik dari teman-teman mungkin saya akan membuat kebijakan untuk membentuk kelompok-kelompok diskusi kecil. Diharapkan dengan adanya kelompok diskusi ini akan dapat mendongkrak nilai kita disemester 2 ini.

Berkaitan dengan akreditasi Psikologi UNS tahun 2014 ini teman-teman sudah tau bahwa akreditasi kita sekarang masih di B dan kita sudah barang tentu ingin akreditasi kita menjadi A. Diumur Psikologi UNS yang baru 10 tahun ini saya dan juga teman-temang mengharapkan hadiah ulang tahun Psikologi UNS adalah naik Akreditasi menjadi A. Teman-teman yang menjadi relawan tim akreditasi beserta dosen dan pegawai sekarang sedang berusaha sekuat tenaga mengorbankan liburannya untuk membuat ini menjadi nyata. Yang saya harapkan adalah dukungan dari teman-teman sekalian baik berupa doa maupun usaha dalam belajar, berorganisasi, melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat, agar pada nantinya akreditasi A ini bukan hanya sekedar mimpi belaka.

Ditahun 2014 ini, teman-teman juga mengetahui bahwa tahun ini adalah tahun politik. Ada banyak pertimbangan dalam menghadapi tahun politik ini. akan tetapi yang jelas teman-teman juga wajib terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam mengawal tahun politik ini. hal ini juga menjadi pengaplikasian tridharma perguruan tinggi dari teman-teman sekalian. Pendidikan, dengan memberikan pengajaran atau belajar hal yang berkaitan dengan politik, pemilu, dan wawasan kebangsaan merupakan salah satu usaha melakukan tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan. Dibagian Penelitian, sumbangsih teman-teman dapat berupa melakukan penelitian tentang keberlangsungan Pemilu tahun ini, masih banyak hal yang dapat diteliti pada tahun ini dan ini juga menjadi kesempatan teman-teman untuk melakukan penelitian yang mungkin nanti dapat menjadi bahan pelajaran maupun skripsi bagi teman-teman sekalian. Lalu yang terakhir adalah pengabdian masyarakat, dengan menjadi mahasiswa yang aktif mengawal PEMILU tahun ini baik berupa pengawasan maupun terlibat langsung membantu pemerintah untuk menjalankan pemilu dengan baik sudah merupakan pengabdian masyarakat dari teman-teman kepada bangsa ini. terakhir kita harapkan di tahun 2014 ini kita dapat memperoleh pemimpin-pemimpin di DPR, MPR, dan Presiden Indonesia yang lebih baik, amanah, bertanggung jawab, dan dapat menjunjung integritas sehingga dapat membawa Indonesia menjadi lebih baik. Dari saya sendiri hanya berharap agar kata INDONESIA RAYA bukan sekedar kalimat, akan tetapi menjadi sebuah realitas bagi bangsa ini. oleh karena itu diharapkan partisipasi teman-teman dalam Pemilu tahun ini, jangan sampai golput menjadi pilihan.

Dan yang terakhir adalah tentang peran serta teman-teman baik yang berprinsip padastudy oriented, organization oriented, dan yang berada dikeduanya. Semua hal tersebut pada umumnya adalah baik asalkan kita dapat tetap berkarya dan berpretasi melalui prinsip yang telah kita anut. Bagi yang study oriented diharapkan dengan kesungguhan belajar kalian dapat menghasilkan penelitian-penelitian tentang psikologi yang mungkin nanti dapat diterbitkan di jurnal-jurnal Nasional maupun Internasional. Bagi yang organization orienteddiharapkan dengan ilmu nya di organisasi dapat menjadi pemimpin-pemimpin baru baik dilingkungannya maupun terhadap bangsa ini yang sedang membutuhkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas. Bagi yang berada diantara keduanya diharapkan jadi penyeimbang antara kedua prinsip tersebut sehingga terjadi keseimbangan diantaranya, dan dari kalianlah akan muncul pemimpin-pemimpin yang tidak hanya bisa memimpin akan tetapi juga cerdas dalam memimpin.

Demikiian yang dapat saya sampaikan saat ini sebagai pembuka diawal semester 2 dan tahun 2014 ini. harapannya adalah visi kita sebagai angkatan ke-10 di psikologi UNS dan menjadi angkatan EMAS dapat tercapai dan bukan sekedar keinginan dari segelintir orang, akan tetapi menjadi keinginan dan visi dari semua keluarga Psikologi UNS 2013. Teruslah berkarya dan berprestasi kawan.

Demikian yang dapat saya sampaikan, jika ada kata-kata dari tulisan ini yang tidak berkenan di hati kawan-kawanku sekalian mohon dimaafkan, karena bukan manusia namanya jika tidak pernah salah. Akan tetapi, Pada intinya tulisan ini ditunjukkan untuk kebaikan baik bagi saya sendiri maupun teman-teman sekalian.

“kalian berada diantara orang-orang hebat, hak kalian sekarang adalah ikut menjadi bagian dari orang-orang hebat atau menjadi orang biasa diantara orang-orang hebat.” –Rezky


  COME WITH EXPLODING SPIRIT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar