Minggu, 22 Desember 2013

SELAMAT HARI IBU UNTUK SEMUA IBU DI INDONESIA


Setiap tanggal 22 desember selalu diperingati sebagai Hari Ibu, hal ini diperuntukkan untuk mengingat kembali perjuangan perempuan dalam kemerdekaan dan memperbaiki nasibnya. Perjuangan ibu yang tidak akan pernah ada habisnya, totalitas para ibu untuk menghadapi zaman, semangat para ibu untuk berperan ganda sebagai ibu rumah tangga dan ada yang sebagai pencari nafkah pula.

Peristiwa yang melatarbelakangi Hari Ibu di Indonesia adalah pada tanggal 22-25 Desember 1928 di Jogjakarta, hampir 1000 perempuan dari 30 organisasi perempuan di jawa dan sumatra mengadakan kongres wanita Indonesia. Hal yang mereka perjuangkan didalam kongres tersebut adalah perempuan mendapatkan perbaikan pendidikan, kesehatan, dan kesetaraan gender. 

Perjuangan para wanita pada kongres 85 tahun yang lalu tersebut ternyata tidaklah sia-sia, dapat dilihat perubahan-perubahan besar yang dialami oleh wanita sepanjang 85 tahun kemudian sampai di tahun 2013 ini. Ya,perempuan sekarang mendapatkan perbaikan pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, kesetaraan gender bahkan sekarang perempuan pun memegang peranan penting dalam membawa perubahan bagi negara Indonesia ini. 

Kita dapat melihat peran-peran penting perempuan dalam membangun negara ini, dimulai dari nama R.A Kartini di zaman kolonial, ibu Fatmawati di awal-awal kemerdekaan bangsa ini, dan sampai akhirnya ditahun 2013 ini terdapat banyak Kartini-Kartini modern yang berperan penting dalam pembangunan bangsa.

Untuk mengingat sejarah perjuangan perempuan terutama para ibu, saya mengucapkan selamat hari ibu untuk para ibu di Indonesia, khususnya untuk Ibu ku yang selalu menanti anaknya untuk pulang ke Jakarta. Anakmu ini juga rindu kepadamu ibu.

TERIMA KASIH IBU

Surakarta, 22 desember 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar